Aku dan Cinematic Universe Hollywood


Kalo kalian pecinta film luar negeri, pasti kalian pada notice & sering denger hal ini deh: Cinematic Universe


Aku orangnya sangat suka film, walaupun ga sering nonton ke bioskop karena sibuk ini itu, tapi aku update soal film, tiap pagi pas pertama buka internet yang pertama kali aku buka pasti website film, abis itu baru sosmed, terus youtube. Review, rumor, upcoming movie & tetek bengek lainnya aku tau. Singkat kata aku adalah Self Proclaimed Film Geek. Karena itu aku jadi tau kalo studio-studio besar di Hollywood pada berlomba-lomba untuk bikin Cinematic Universe

Well, sebelum lanjut aku bakal kasih tau apa itu Cinematic Universe generasi melek internet pasti tau sih artinya apa, tapi gapapa biar kujelasin lagi. Cinematic Universe, sesuai namanya adalah 1 universe film yang di waralaba-kan ke banyak film lainnya. Contoh paling gampang dari Cinematic Universe adalah Marvel Cinematic Universe (MCU) yang dimulai dari taun 2008. Semua film bikinan Marvel berseting di dunia yang sama, dimana tiap film punya koneksi satu sama lain, mulai dari tokoh saling mengenal, musuh bersama, benda yang sama di mention terus & easter egg lainnya. Gitu.



MCU ini sukses banget, bener-bener tambang uang parah. Semua film yang ada embel-embel "Marvel" hampir pasti bakal laku keras. Ngeliat ini, studio film lain ngiler dong, mereka juga pingin ngebikin Cinematic Universe mereka sendiri dengan harapan bisa sesukses MCU. Ga makan waktu lama, rival Marvel, DC Comic, ngeluarin saingannya MCU yaitu DCEU (DC Extended Universe)


Film-film yang dianggap promising sama studio pada dibikin jadi Cinematic Universe, kayak The Conjuring misalnya, tiba-tiba jadi universe film horor: The Conjuring Universe. Universe ini adalah salah satu contoh Cinematic Universe yang bagus sih kalo menurutku.

Terus Cinematic Universe yang dulu udah "tamat", mulai ngeluarin film lagi kayak Star Wars, Transformers & Lord Of The Ring, tiba-tiba jadi rajin ngeluarin spin-off dari Cinematic Universe mereka.

Lebih jauh lagi, 2 film yang ga ada sangkut pautnya tapi 1 genre, tiba-tiba merger jadi Cinematic Universe, Monsterverse misalnya, Universe ini ada karena Godzilla & Kingkong ada, walopun aku ngeliatnya sih, si Kingkong nebeng doang ke Toho, studio yang bikin Godzilla, Mothra, etc.


Tentu aja Cinematic Universe selain bisa jadi jalan sukses studio film buat mengais rejeki, demam Cinematic Universe juga ada mudharot nya. Beberapa Cinematic Universe dibikin tanpa persiapan yang matang bahkan mulai diragukan karena film perdananya yang culun, contoh nyatanya adalah Dark Universe. Film pertama dari Dark Universe: The Mummy sukses dibantai dengan review yang kejam. 

sedih deh kalo diceritain

Dari aku  pribadi sih suka ya sama Cinematic Universe, soalnya kadang 1 film aja ga cukup buat ngejelasin sebuah universe. Apalagi kalo universe ini diangkat dari media lain yang aku tau. Ini yang bikin aku suka MCU banget karena dari kecil suka baca komik keluaran Marvel.

Terus ada rasa bangga tersendiri gitu kalo ngeliat easter egg dari 1 film ada di film lainnya tapi orang-orang sekitar ga tau. 

Yodah gitu aja, kalo kalian paling suka Cinematic Universe apaan? 

Follow my social media: @HIPradana

Komentar

Postingan populer dari blog ini