Aku dan Cerita Gajah Sraten


Selama 12 tahun hidup di Salatiga, well, ga di Salatiga juga sih, aku tinggal di perumahan di pinggir kota, namanya Sraten Permai.

Nah, malah setelah hidup di Jakarta selama 8 tahun, aku baru tau misteri dibalik nama "Sraten".

Jadi menurut si babeh, Sraten itu berasal dari Srati, yang dalam bahasa jawa artinya Pawang Gajah. Konon katanya, di daerah Sraten dulu ada desa pawang gajah yang tugasnya melatih gajah untuk Kraton.

pic from mongabay

Sayang, sejak kuda masuk ke Jawa, Gajah makin ditinggalkan di tanah Jawa. 

Bahkan di tahun 2010, 2 gajah Kraton Jogja, Nyai Argo dan Kyai Gilang dititipkan di Gembira Loka karena biaya perawatan yang membengkak. Percaya ga percaya dulu 2 gajah ini adalah salah satu ikon Kraton Jogja.

pic from: kompas

Untuk mengenang para Srati, daerah ini dinamain Sraten & dibikinin patung Gajah, orang Sraten nyebut lokasi patung gajah ini dengan nama "Nggajah".


Kalau daerah asal kalian gimana asal-usulnya? Share dong di comment!

Komentar

  1. Salam kenal, lagi gugling sejarah desa Sraten mampir ke blog ini. Saya juga tinggal di Sraten Permai. Terimakasih informasinya

    BalasHapus
  2. Saya asli pribumi sraten salam kenal juga semoga sraten semakin jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo! saya juga berharap sraten makin jaya & terkenal, semoga segera kejadian :D

      Hapus
  3. Saya juga anak pribumi sraten... Salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Leave your comment chikas!

Postingan populer dari blog ini