Aku dan Satpam Rasis

Aku punya geng.. Eh, sebenernya bukan geng sih, cuma ada beberapa anak manis manja yang berteman deket dan menyebut kelompok mereka geng MT, aku termasuk diantara anak-anak labil ini..

Nah, salah satu anak MT ada yang namanya jose, dia orangnya kurus, tinggi dan jenggotnya wow banget, sebagai anak rantau, jose ngontrak rumah di daerah gading serpong tepatnya di ****, sebagai mahasiswa yang sehat dan mengutamakan tali silaturahmi, aku, tomy ma tyo sering banget maen ke kontrakan jose, hampir tiap hari kita kesana, bikin tugas disana, syuting disana, minta indomi disana, ngenet disana, pinjem WC disana, tidur siang disana, pokoknya sering deh kesana.. 

Tapi ada 1 hal yang bikin rese: satpam kompleksnya ga iya banget! 

Bayangin, kita kesana hampir tiap hari, tapi sama si satpam tu selalu dipersulit.. Mending kalo ngomongnya sopan, lah ini? Nyolot abis! Gile, satpam kok belagu banget sih..

Suatu hari geng MT maen ke kontrakan jose untuk kebanyak kalinya, kita pake 2 mobil. Candy (mobilku) dinaikin aku, tomy ma tyo (kita bertiga orang jawa). Mobil satunya, dinaikin cai, regita, nila sama vani (mereka chinese)

"Siang pak" tomy sebagai supir membuka percakapan yang hangat
"Mau kemana?" kata si satpam (bales jawab salam aja kagak!)
"Ke kontrakan jose pak"
"Dimana alamatnya?" nyolot
"Lupa pak, pokoknya ke kiri terus ke kanan nyampe deh.."
"Mana identitasnya?" nyolot kuadrat
"Ini pak"
"..."
"Makasih pak"
"..."

Begitu lewat dari pos satpam, aku, tomy ma tyo langsung ngegosip:

"Kancut, satpamnya nyolot banget!"
"Iye, asli nyolot banget"
"Baru jadi satpam aja kaya gitu, gimana jadi tukang es?"

Begitu sampe dikontrakan jose:

"Eh, tadi satpamnya sial banget deh.." aku bilang
"Kenapa?" cai tanya
"Masa nyolot banget ma kita, mau masuk aje dikasih ribet.." tyo curhat
"Iya tadi mau minta kartu aja susye." tomy ngompor
"Masa? Mobil kita aja langsung dikasih stiker penghuni.."
"Haaah??"

Kita bertiga langsung emosi, yang bener aje? Kita yang lebih sering maen ke jose aja ga dikasih-kasih ma satpam, terus si tyo tiba-tiba nyeletuk:

"Gue tau kenapa lo langsung dikasih stiker.."
"Kenapa tyo?" 
"Soalnya mobil lo isinya cina semua!"

Semua ngakak, kita emang sering banget saling ejek pake nama ras gitu, tapi suer ini cuma buat becandaan aja, mulut emang iseng, tapi hati tetep bhineka tunggal ika gitu.. 

"Wkwkwkw, dasar jawa lo!"
"Wah, satpamnya berarti rasis nih.." 

Singkat cerita kelar tugas kita balik, beberapa hari kemudian kita ke kontrakan jose lagi, kali ini yang naik Candy itu aku, tomy, tyo sama vani. Dan seperti yang udah diprediksi, lagi-lagi kita mendapat perlakuan ga enak ma satpam..

Siangnya kita keluar cari makan, kita makan di tempat namanya bakmi aceh.. PAs makan tyo punya ide:

"Eh, gue ada ide buat ngisengin satpam!"
"Apaan tyo?" aku tanya
"Jadi entar yang nyetir biar para cina aja, nila bawa mobil, vani di sebelah, regita ma jose ditengah terus trio macan dibelakang! Kita liat, beda ga sih perlakuan satpam ke orang cina.." (aku, tomy ma tyo suka dibilang trio macan)
"Wah boleh tuh, harus dicobain!"

Pulang makan, kita udah atur formasi, diperjalanan kita uda ketawa ngebayangin apa yang bakal terjadi sambil nyanyi keong racun.. Akirnya kita sampe di depan pos satpam, show time..

"Siang non.." kata satpam (nyapa duluan, tumben!)
"Siang.." nila nyaut
"Mau kemana?"
"Pulang pak." jose jawab
"Udah ada stiker penghuni?" (trio macan di bangku belakang uda ngempet ngakak)
"Belum pak.."
"Ini stikernya, kalo takut ngotorin kaca depan taro di dashboard aja yang penting kita bisa ngeliat."
"Iya pak makasih.."

Begitu jauh dari satpam kita dibelakang langsung teriak:

"Hidup cinaaa!"
"I love cinaaa!"
"Cina! cina! cina!"
"Jadikan aku cina!"

Akirnya setelah sekian lama, kita dapet stiker juga, makasih temen-temen geng MT (khususnya yang cina) makasih juga pak satpam. :p

Oya, mungkin si tyo pengen jadi orang cina, soalnya dia sekarang ngubah namanya jadi Gu Jun Tyo..

Dan sekarang stiker penghuni terpampang manis di dashboard Candy..

Pesan moral: kadang-kadang muka pribumi susah dipercaya kalo sama satpam

Komentar

Postingan populer dari blog ini