Aku dan Family Trip ke Belitung [DAY 2]

Spadaa.. Hai Readers, Ini dia kelanjutan dari cerita perjalanan kami ke Belitung. Hari ke 2 ini menurutku adalah high light dari keseluruhan trip sih, soalnya kami main ke pantai & island hopping ke pulau-pulau yang cantik di sekitaran Belitung. Seruuu!

Eh ada ding yang ga serunya, abis itu kulit gosyong cyiiin!

Biar bacanya urut kalian bisa baca pengalaman trip hari pertama disini ya.

Pagi pertama di Belitung diawali dengan Namira yang mengalami culture shock, soalnya bangun tidur dia langsung liat kolam renang dari kamar, biasanya mah mentok liat kolam lele di taman komplek.

Merenung

Setelah diberi tahu duduk perkara oleh Mama, akhirnya Namira faham & bergegas mandi.

Semua bebersih & ganti baju, jam 7-an kami ke restoran & ketemuan sama Mas Aden buat breakfast bareng dulu sebelum beraktifitas. Di restonya udah pake protokol kesehatan ya, jadinya kami enggak ambil makanan sendiri tapi udah ada kru hotel yang standby buat bantu ambilin makanan:

Mie Belitung, Nasi goreng + Sosis + Kentang, Salad & Secangkir Kupi

Agar supaya Mama bisa makan dengan khusuk, Namira kuajak jalan ke pantai, pas hotel kami belakangnya percis itu ada laut cina selatan. Kebetulan juga laut lagi surut pagi itu, jadinya Namira kulepas di pantai terserah dia mau jalan kemana.

Hai om & tante

Anak umur segini emang lagi aktif-aktifnya, kalo udah lari kayak beyblade anaknya, liar banget muter kemana-mana, harus dikit-dikit dipegangin biar ga offside belok ke laut.

Pantai di Belitung utara tu beneran sepi deh, mungkin karena pagi kali yaa, jadi cuman aku sama Namira aja yang ada di pantai.

Sejatinya kami masih betah sih main di pantai tapi karena Pak Edi udah nungguin di lobby yaudah kita balik.

Oiya, ada poin penting nih, kalo kalian rencana liburannya banyakan di Belitung utara, nginep di Santika adalah pilihan bagus, karena dari sini ke pantai-pantai cantik di Belitung ga jauh lho, berasa pantat baru nempel jok mobil eh udah sampe aja.

Destinasi pertama kami adalah 2 tempat ibadah tertua di Belitung: Masjid Tua Sijuk & Klenteng Sijuk. Kata Pak Edi, konon keduanya dibangun oleh para pelaut cina yang mendarat di pesisir Sijuk ini. Usia masjidnya sendiri udah 200 tahun, karena dibangun di tahun 1800 an.

Patokannya kalo mau kesini gampang kok, begitu udah keliatan jembatan pelangi berarti udah deket.

Pas sampe di Masjid Tua Sijuk, yang ternyata nama resminya masjid Al-Ikhlas, bawaannya auto pengen solat dhuha, soalnya adem banget tempatnya, sejuk, sepi.

Ini suasananya kayak kampung ku di Salatiga, percis plek kayak gini.

Lanjut ke destinasi selanjutnya: Klenteng Sijuk, jaraknya dari masjid deket banget masih 1 jalan, naik mobil cuma 1 menit kayaknya.

Jalan menuju Klenteng

Pas kami sampai Klentengnya masih sepi, mungkin belum ada yang ibadah. Ada juga disini patung Dewi Kwan Im tapi engga segede yang di Burong Mandi. Mau ngasih tau aja nih, kalo naik ke area ibadah alas kaki dibuka ya Readers!

Namira meniti tangga sambil nyeker

Di sekitar Klenteng ini emang masih banyak pohon tinggi gitu kan, aku liat-liat kok ada yang gerak di cabang-cabangnya, kirain demit atau penunggu, gataunya kata Mas Aden itu monyet dong.

Lha pas diperhatiin bener-bener rupanya beneran monyet, warnanya item gitu, ada banyak lagi. Kalo kata Pak Edi itu namanya lutung, dan kalo lagi iseng segerombolan lutung itu pada nakal-nakal, pernah mereka ngeroyok anak kecil lagi main sendirian katanya.

Yaudah daripada Namira digondol akhirnya kami lanjut ke destinasi yang paling terkenal di Belitung: Pantai Laskar Pelangi. Jaraknya deket cuma 20 menit dari Klenteng Sijuk.

Pantai ini terkenal karena formasi batu-batuan gede di bibir pantainya, kata Pak Edi batu-batu punya namanya masing-masing, tapi ku cuma inget ada yang namanya batu bakpau & batu belah haha. Tapi ya, pantai ini melebihi ekspektasiku lho, udah nyangka sih bakalan cantik, tapi ternyata cantik banget pantainya ya ampun istighfar..

Pantainya bersih, pasirnya putih banget, terawat gitu, masih asli banget pokoknya. Minusnya cuman 1, pantainya lagi surut pas kami dateng, kata Pak Edi emang kalau antara april - oktober air laut surutnya pas pagi.

Nih aku drop foto-foto disana yaa:

Di entrance nya

Formasi batuan alami yang cantik banget

Cantik banget pantainyaaaaa.. Gatau deh udah berapa kali bilang pantai nya cantik, soalnya emang cantik banget, ini pantai terbaik yang pernah kudatengin seumur-umur deh jujur. Pantainya tu full pasir putih, bukan tipe pantai yang berbatu-batu sakit kalo diinjek:

Oh, di deket batu bakpau ada tanjakan & celah antar batu yang lumayan lebar, ada akses jembatan kayunya tapi engga berpager. Kalau bawa anak kecil mending digendong atau digandeng, jangan dilepas soalnya ngeri jatuh.

Sayang banget ngasih tau mau ke Belitungnya mendadak, kalo ada persiapan jauh-jauh hari bisa beliin Namira baju renang buat bayi deh. Karena ga ada baju renang yaudah kita korbankan baju dia satu stel buat dipake renang & main pasir, untung mama Namira ada siapin baju ganti.

Saran aja nih ya masukan buat pengelola, untuk kebersihan area toilet diperhatiin, emang sih lagi low season & pandemi juga tapi harusnya kamar mandi bisa lah di bikin lebih bersih, at least jangan ada itu sachet-sachet shampo berserakan di lantai kamar mandi. Pantainya udah cantik pasti bakalan lebih cantik lagi kalo kebersihan komplek sekitar pantai lebih dijaga.

Setelah kelar berberes, udah hampir jam makan siang, kami lanjut meluncur ke tempat makan sekaligus tempat kita nanti naik kapal buat island hopping: Rumah Makan Ketapang (Sien Li). Ini adalah resto pinggir pantai gitu, jadi kapal yang kita udah sewa bisa merapat di pantainya buat jemput kami untuk island hopping

Makanan disini tentu aja seafood yang seger-seger, terus bumbunya totalitas, engga pelit, jadinya miroso banget lah semua menunya, tapi aku paling suka sih tumis kangkung sama udang saus tiramnya sih. Kalian bisa lho request menunya engga pedes, nanti bakal dikurangin takaran cabenya sama chef nya, soalnya kami request menu engga pedes biar Namira bisa makannya.

Jam 1an gitu perahu kami udah dateng, perahunya tipe yang muat banyak orang, bahkan masih longgar padahal kami udah prosedur physical distancing gitu. Oiya, karena ga ada dermaga, kami naiknya dari bibir pantai alias harus gulung celana dulu terus naik tangga ke kapalnya, seru banget haha.. Prosedurnya aku naik duluan terus Mama oper Namira ke atas, ini foto-foto pas kami di perahu:

Ini muka Namira pertama kali naik perahu, awalnya bingung lama-lama cuek aja. Untung engga mabok dia. Perairan Belitung juga cakep, lautnya warna hijau kebiruan, pas lagi naik perahu juga laut lagi tenang.

Pulau yang akan kami datangi namanya Pulau Lengkuas, dari darat kemari perjalanannya kurang lebih 40 menitan. Yang terkenal disini tentu aja landmark nya, si Mercusuar kuno peninggalan jaman Belanda. Ini penampakannya dari kejauhan:

Lautnya bikin pingin nyebur

Namira sebagai pandemic baby yang gapernah main kemana-mana langsung hepi dong begitu kita sampai pulau, suka banget liat air kok banyak banget, dia langsung jongkok di pantai pingin cuci muka di air laut, padahal mah asin tau nak.

Ini mercusuarnya yang terkenal itu, kita boleh foto-foto dari luar tapi for safety reason kami engga bisa naik ke atas. Yaudah lah ya gapapa, pantainya cakeup kok.

Pemandangan pantai Pulau Lengkuas:

Hari ini matahari lagi baik banget, cerah tapi engga yang terik gimana-gimana, alhasil fotonya juga bagus-bagus. Pantainya sendiri aman buat anak kecil lari-larian, tapi banyak sampah hanyut yang rawan kalo keinjek anak kecil, better buat anak kecil dipakein sandal/sepatu sih, soalnya kita kemarin nemu pecahan botol kaca kebawa ombak.

Setelah puas explore pantai, kami lanjut ke spot snorkeling, gajauh, cuman 5 menit dari pulau naik perahu. Karena keluarga gen haritslintar engga ada yang bisa renang, kami ngedekem aja di perahu, tapi tetep asik kok, kita bisa kasih makan ikan dari perahu. Dari kelompok kami cuma Mas Aden yang snorkeling jadinya.

Ikan disini sok asik, dikasih pelet gamau, maunya biskuit.

Sebagai orang awam snorkel, menurutku spot ini bagus kok, cukup bening airnya & banyak terumbu sama ikan.

Anak pantai

Ikan ikan makanin biskuit

Abis pada puas snorkeling kami mampir ke 1 pulau lagi, namanya Pulau Kelayang. Pulau ini agak lucu karena ga jauh dari bibir pantainya ada formasi bebatuan gede, namanya batu garuda. Sedihnya, di pulau ini baterai HP udah dead, jadinya foto kami cuma ada yang difotoin sama Mba Dewi.

Pulau Kelayang ini lebih kecil dari Pulau Lengkuas, terus di depannya ada warung-warung gitu yang jualan mi instan. Oh, disini ada Goa Kelayang juga ya Readers, tapi aku ga mampir soalnya Namira pengennya di pantai aja.

Menurutku sih pantai disini ini lebih kotor daripada Pulau Lengkuas, jadi aku #TimLengkuas

Jam 5-an kami balik ke darat, langsung lah abis itu balik ke hotel buat mandi dulu, soalnya badan bau matahari & baju penuh pasir hii.. Kelar bebersih kami pergi makan malam di Dapur Belitung

Tempat makan ini ada di Tanjung Pandan, di deket pusat kota. Dari hotel kurang lebih 40 menit lah kata Pak Edi & emang bener di Belitung ya, ngira-ngira estimasi tiba tu gapernah meleset, soalnya ga pernah macet! Ah dasar orang Jabodetabek, liat jalanan ga macet aja seneng bener haha..

Tempatnya cozy & makanannya enak. Sayang Namira engga ikutan makan soalnya udah ketiduran gara-gara kecapean main di pantai:

Disini kalian cobain deh minuman cincaunya, enak banget, cincaunya dipotong tipis-tipis kayak mi, jadinya ga nyangkut disedotan, terus kayaknya gapake bahan pengawet soalnya rasanya ga ada rasa kimiawinya, pokoknya seger deh jujur!

Abis kenyang makan mood lagi naik lagi nih, terus duit di dompet menuntut untuk segera dibelanjakan, niat hati mau mampir ke Galeri UMKM, tapi kita kemaleman dong, jadinya tempatnya udah tutup huhu sedih..

Tapi gapapa, mungkin ini tandanya kami harus balik ke Belitung lagi biar bisa mampir ke sini nantinya.

Karena efek kecewa gajadi belanja tiba-tiba mata kok ya jadi berat disergap kantuk, yaudah kami balik ke hotel aja untuk istirahat sekalian packing, soalnya besok last day kami di Belitung.

Gitu lah kira-kira pengalamanku di hari ke 2 trip ke Belitung, postingan abis ini adalah postingan terakhir dari seri jalan-jalan ke Belitung, tungguin ya Readers!

As always kalian bisa mampir ke Instagram ku untuk liat foto-foto lainnya: @HIPradana

Terus kalian bisa juga langganan blog ini biar ga ketinggalan postingan-postingan lainnya yang pasti seru juga.

Kesepian tanpa kekasih, sekian terimakasih~

Baca cerita selanjutnya disini yaa..