Aku dan Family Trip ke Belitung [DAY 1]

Halo Readers! Baru-baru ini aku hoki banget bisa jalan-jalan ke Pulau Belitung sekeluarga soalnya ada tugas kantor hehe.

Guess what? Belitung indah banget! Siap-siap baca series postingan ini soalnya dijamin kalian bakal pingin langsung booking tiket ke Belitung.

Sebagai fans Andrea Hirata & buku-bukunya sejak SMA, tentu saja main-main ke Belitung adalah salah satu wishlist ku, alhamdulillah udah kesampean. Kebetulan penugasan ini cukup mendadak, H-1 keberangkatan baru dikabarin kalo sekeluarga diajakin untuk tugas korespondesi kesana selama 3 hari.

Setelah diskusi dengan istri secara intens selama 1 menit akhirnya kami terima tugas mulia ini.

Kami berangkat hari kamis pagi via Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tentu aja hari rabu sebelum terbang kami perlu siapin Dokumen Kesehatan (Hasil Negatif tes Antigen), ini cuman aku sama istri aja yang tes ya, karena Namira masih kecil, alias anak di bawah 12 tahun engga perlu hasil negatif covid.

Untuk tes nya kami pergi ke lokasi tes covid drive thru yang ada di parkir inap Bandara Soetta, lokasi persisnya ada di sebrang Terminal 2, akses masuknya deket stasiun KA Bandara.

Dari prosedur pendaftaran udah touchless, jadi kita dateng ke kasir untuk scan barcode, terus isi biodata lengkap & detail jadwal penerbangan, kalo udah tinggal bayar & tunggu dipanggil. Abis tes pun kami cuma nunggu 20 menit langsung keluar hasilnya tes, jago banget dah.

Keesokan harinya, kami berangkat pagi buta dari rumah, soalnya flight nya sungguh tidak harits banget, alias jam 6:50 jadwalnya, alias maksimal 6:20 harus udah check-in, alias karena harus validasi dokumen kesehatan dulu maksimal 5:00 harus udah sampai di bandara, alias karena ada Namira kami harus bangun ekstra pagi jam 3:00.

Onde mande, ayam aja masih pules itu.

Oh, betewe sempat ada kendala minor, kan kami online check-in tuh, eh nomor seat kami malah misah-misah gitu dong, padahal pakai 1 kode booking. Kalo aku sama istri mah gapapa misah, lha Namira? Tapi akhirnya kami tukeran seat sih sama Mba Nurul & Mba Citra, temen serombongan kami. Huehue..

Oiya, buat yang mau terbang, jangan lupa download & isi e-HAC (Electronic Health Alert Card), kalian bisa download di playstore atau appstore, tinggal ikutin langkah-langkahnya aja nanti kalian akan dapet QR Code buat di scan sama petugas di bandara tujuan. e-HAC ini tujuannya buat screening sama monitoring covid gitu, faham lah yaa..

Tergopoh menelusuri Terminal 3

Sepanjang perjalanan Namira langsung nenen & tidur, jadinya dia ga rewel sepanjang flight. Kurang lebih jam 8 kami landing di Belitung & kesan pertama di sana adalah: Udara nya seger banget! Ga kaya Tangerang haha.

Udahlah bandara H.A.S Hanandjoeddin sekitarnya pepohonan lebat ijo-ijo gitu kan, duh makin seger lah.

Mendarat dengan cantik

Disambut tarian tradisional di bandara

Setelah klaim bagasi & scan e-HAC kami lanjut perjalanan ke lokasi-lokasi wisata yang udah ditentuin, kelompok kami ada 4 orang: 3 orang keluarga gen haritslintar & 1 observer, Mas Aden. Kalau kelompok lain setir mobil sendiri, untuk kelompok kami ditemenin sama driver, merangkap guide, merangkap fotografer, merangkap seksi repot: Pak Edi namanya.

Karena jam berangkat kami kurang manusiawi alias kepagian, destinasi pertama adalah Kopi Owly

Kondisi sudah jam 9an, perut keroncongan, pikiran mengawang-ngawang, tanpa sadar jari ini menunjuk asal menu restoran, tiba-tiba datanglah secangkir minuman:

Kopi Djanda

Wah ga bener nih menu, masih pagi udah disuruh menenggak djanda..

Tapi enak sih..

Usut punya usut kata Pak Edi, Kopi Djanda ini salah satu minuman khas lokal emang.

Nah, kalo makanannya kami pesen tekwan & mie goreng seafood, agak sedikit terkejut karena kirain mie nya porsi jakarta, rupanya tidak:

akirnya ga abis, padahal dibagi bertiga

Tapi pengalaman makan di sini cukup menyenangkan, atmosfernya chill banget, mana daerahnya sepi, ada suara burung di kejauhan, anginnya sepoi-sepoi.

Weefie bersama bapak owner

Setelah isi perut, kami beranjak ke destinasi selanjutnya: Sekolah Laskar Pelangi. Perjalanan kesana makan waktu kira-kira 40 menit, tapi sungguh engga berasa, soalnya pemandangannya bagus, dan jalanannya itu lho, alus banget ga lobang-lobang aspalnya, persis kayak jalanan di Hawaii.

Terus kata Pak Edi jalanan sepanjang pulau Belitung kayak gini semua dari ujung ke ujung.

Ga pake macet pula, kok bisaaaa??

Bayangin sepanjang jalan pemandangannya kayak ginii

Sedikin fun fact tambahan dari Pak Edi: Di Belitung ga ada pengamen & pengemis. Ini udah kami buktikan sendiri, ga ada blas lho, sama sekali ga ada, jago emang lah Belitung.

Setelah perjalanan yang cukup ngebut, kami pun tiba di Sekolah Laskar Pelangi.

Buat yang belum tau aja, Sekolah Laskar Pelangi ini adalah replika dari lokasi shooting film Laskar Pelangi arahan Riri Reza & diproduseri oleh Mira Lesmana. Sekolah aslinya, SD Muhammadiyah Gantong sudah rubuh rusak dari jaman apaan tau, kemudian dibangun lagi untuk keperluan shooting film Laskar Pelangi, kemudian setelah selesai shooting, set sekolah ini dirobohkan. Tapi karena filmnya sukses besar & menarik 4.6 juta penonton, pemerintah Belitung membangun lagi sekolah ini dengan nama Sekolah Laskar Pelangi,

Begitulah kata Pak Edi..

Sekolah di film Laskar Pelangi

Replikanya

Alumninya

Tempatnya otentik yah, feel bobroknya alami banget, terus beneran sesuai penggambaran sekolah melarat di novel Laskar Pelangi.

Sayang banget pas kesana mendung, jadi kurang kece foto-fotonya. Oiya kalo mau kesini ada tiket masuknya tapi aku lupa berapa harganya soalnya yang bayarin masuk Mas Aden hehe..

Setelah dari sini, kami cus meluncur ke Museum Kata, museum kata adalah museum literasi pertama di Indonesia yang dibuka tahun 2010 oleh Andrea Hirata, novelis dari Tetralogi Laskar Pelangi. Kalo ada1 kata yang pas buat gambarin museum ini sih udah pasti: Instagramable

Nih aku spam foto ya:

Cakep kaaan? HTM nya 50.000 udah include 1 buku saku, boleh main di dalem sampai puas.

Sayang enggak ada guide nya nih, jadi kaya ga ada story nya gitu, kami disuruh menebak-nebak aja.

Abis puas jalan-jalan sampe gempor (karena mengejar Namira kesana kemari) kamu menuju Restoran Fega, restoran ini ada di samping Danau Bandung, jadi lake view gitu.

Makanannya enak, saking enaknya ga sempet di foto langsung abis.

Betewe layout restorannya kayak punden berundak gitu, naik turun bertangga agak curam, jadi ga cocok buat Namira yang lagi aktif lari-lari, terus ga ada high chair alias kursi bayi, tapi gapapa dimaafkan.

Next, kami menuju ke Klenteng Kwan Im, di komplek klenteng ada patung Dewi Kwan Im yang gede banget, udah gitu di sekitarnya ada patung 12 shio, kalo kata Pak Edi material untuk ngebikin patung Dewi Kwan Im & 12 shio ini asli dari China:

Males naik tangga jadinya di bawah aja fotonya

Jadi Klenteng ini masih masuk di Desa Wisata Burong Mandi, jadi deket klenteng ini ada juga Pantai Burong Mandi. Namun emang ya manusia cuman bisa berencana, Tuhan juga yang menentukan, sesampainya di parkiran pantai hujan turun dong, mana deres banget kan.

Karena gabisa turun yasudah akirnya dengan terpaksa kami lanjut ke destinasi selanjutnya: Pusat Informasi Geologi Belitung.

Kata Pak Edi, batu yang di depan itu namany Batu Satam, konon batu ini adalah pecahan meteor jatuh di Belitung jaman dulu banget, batu satam biasa ditemuin di lokasi galian timah & katanya makin dalam dia ditemuin makin berminyak teksturnya.

Uniknya lagi batu ini gabisa sembarangan dibentuk, karena kalo dia dibentuk pake gerinda batu ini bakalan hancur jadi pasir, cara ngebentuknya adalah dengan ngolesin getah daun sirih terus diusep-usep dengan penuh kesabaran. Gatau deh kenapa bisa gitu,

Oiya, di sini ada banyak contoh batu-batuan yang ditemuin di Belitung:

Nah, karena hari udah menjelang sore, lengan sudah lumayan mati rasa karena menggendong Namira secara berkepanjangan, akhirnya kami check in dulu, sekalian buat mandi & istirahat bentar sebelum makan malem.

Betewe selama di Belitung kami nginep di Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung.

Trivia dikit, di perjalanan ke hotel kami melewati yang namanya Kampung Bali, kata Pak Edi, kampung ini adalah tempat dimana transmigran dari Bali dulu mendarat, transmigran disini banyak yang sukses, karena mereka nanem sawit di tanah mereka. Kampung ini otentik banget Bali nya, rumah-rumahnya beneran kayak di Bali, ada pura nya, sayang banget engga aku foto.

Hotelnya sendiri cakep, tipikal resort pinggir pantai gitu:

Abis mandi kami cus buat makan malam di Belitong Timpo Duluk. Ini restoran cukup terkenal di Belitung, sering diliput segala sama TV. Tempatnya ga gede-gede banget tapi arsitekturnya itu lho, sesuai namanya: tempo dulu banget.

Ada Pak Edi di kanan

Dulang Set

Namira ngelap piring dulu sebelum makan

Makanannya seger banget rasanya, efek laper kali ya haha, ga ding, ini beneran enak menunya. Abis makan kita juga dapet dessert namanya kalo ga salah Puding Srikaya, manis seger gitu, sayang porsinya dikit.

Tempatnya udah sangat mematuhi protokol Covid ya guys, jadi gausah khawatir mau mampir kemari. Semua pelayan pake masker, ada hand sanitizer & wastafel, bahkan di meja ada QR code buat di scan untuk liat menu, jadi gausah pegang menu segala.

Ngomong-ngomong wastafel, semua wastafel yang kucobain di Belitung selama 3 hari pasti airnya kenceng & sabunnya selalu full, mau di warung kek, di tengah pulau kek, asli salut banget lah sama Belitung.

Abis beres makan kami langsung balik ke hotel buat istirahat, soalnya besok jam 8 udah harus siap-siap untuk trip hari kedua.

Tungguin postingan berikutnya ya Readers! Dalam waktu dekat bakal aku update lagi.

Jangan lupa follow juga IG ku buat liat foto-foto lainnya: @HIPradana.

Cerita perjalanan hari kedua bisa dibaca disini ya!