Aku dan Family Trip ke Belitung [DAY 3]

Yuhuu, hai Readers! Tidak terasa sudah sampai di penghujung trilogi Family Trip ke Belitung ya~

Di perjalanan hari ke 3 ini petualangan kami pendek tapi tetep seru lho. Sebelum lanjut baca baiknya baca dulu part ke 2 disini ya!

Bangun pagi hari terakhir ini pagi banget, karena kami harus ke bandara dulu untuk Rapid Test, sebagai syarat untuk penerbangan kami pulang.

Di grup whatsapp Mba Dewi sudah memberi ultimatum agar kami ke bandara pagi-pagi buat ngejar naik perahu ke Pulau Leebong jam 9.15. Which is kami harus udah ke bandara jam 7-an.

Sebagai keluarga yang mengedepankan emansipasi, mama sudah kuberi mandat untuk membangunkan kami jam  setengah 6 biar sempet buat sarapan dulu, jadinya pagi itu kami bangunnya engga telat, malahan sempet buat Namira nyobain kolam renang depan kamar:

Sayang baru nyelup sebetis Namira minta udahan, soalnya dingin kata dia. Habis kami beberes & mandi, jam 7 lebih 11 menit kami langsung check out & ketemuan samaPak Edi untuk pergi ke bandara.

Tapi emang lah kalo lagi buru-buru ada aja dramanya. 5 menit setelah mobil jalan Namira bilang "Bye-bye Seal", rupanya boneka seal dia ketinggalan dong di kamar, pantesan dia bilang bye-bye. Akhirnya kami putbal & ambil boneka dia dulu, untung udah diamanin di receptionist, gara-gara insiden kami agak telat deh nyampe ke bandaranya haha..

Penampakan si seal

Jam 8 kurang kami sampai di Bandara & langsung pergi ke lokasi Rapid Test yang ada. Di Bandara H.A.S Hanandjoeddin  tersedia GeNose & Swab Antigen, lokasi tepatnya ada di seberang area parkir, tinggal dipilih mau tes pake yang mana. Kalo kami sih pilih Swab Antigen soalnya konon lebih akurat.

Oiya, pas lagi test kan hidung kita di kobel kan ya, dimasukin alat testnya ke lubang idung, pas test di Tangerang tu dicolok idung kanan sama kiri, terus durasinya bentar.

Nah pas test disini Mas Nakes nya menikmati banget kayaknya, dia cuman nyolok di idung kanan terus dia manuver-kan itu alat test di idung, maju mundur, kanan kiri, gerakan berputar, gerakan menyodok & variasi gerakan lainnya, pokoknya tiap sudut hidung dia telusuri deh, ada kali durasinya 20 detik. Pas bubaran test, Aku, Mama Namira sama Mas Aden pada menitikkan air mata.

Gatel banget komandan!

Lokasi Rapid Test & GeNose

Oh sambil nunggu hasil test kalian bisa sambil ngopi karena deket situ ada Kong Djie Coffee, tapi tetep jaga jarak ya!

Setelah hasil test kami keluar & bertiga dinyatakan negatif semua, tanpa buang tempo kami langsung ke Pelabuhan Pegantungan, tempat kami nyebrang ke Pulau Leebong, jalanan emang mulus tapi kesananya makan waktu hampir sejam karena emang jauh banget.

Di perjalanan diceritain Pak Edi gitu, kalo di Belitung ada kampung transmigran Jawa, di seluruh Belitung yang ada sawahnya cuma disana & yang rumahnya pake genteng cuma di kampung itu, karena kalo di Belitung rata-rata warga lokalnya atap rumahnya dari seng, karena ada kepercayaan kalo masih hidup ga boleh tidur di bawah tanah (genteng).

Pelabuhan Pegantungan

Pas sampai disana kita telat sih, kayaknya jam 10 baru sampe deh haha.. Tapi masih mending sih soalnya kelompok 1 alias kelompok yang isinya cowok-cowok semua belum nampak batang hidungnya sampai setengah 11. Pas kutelpon si Mail dia bilang dia lagi jadi Dominic Toretto, lagi ngebut ke Pelabuhan.

Oiya, disini kami ketemuan sama Pak Untung & temen-temen dari TJQ juga.

Betewe di pesisir pelabuhan ini aku liat ada bintang laut:

salam buat sponge bob ya

Jam 11-an kelompok 1 akhirnya sampai juga, abis itu kami langsung naik perahu untuk nyebrang ke Pulau Leebong. Sepanjang perjalanan naik perahu pas liat ke dalem laut, ternyata banyak banget bintang lautnya lho.

Namira udah lempeng aja naik perahu, udah ga takut:

Jarak ke Leebong cukup deket sih, cuma 3 kilo, kayaknya cuma 20 menit kami di perahu.

Disana kami merapat di dermaga kayu gitu, dermaganya mayan panjang ada kali 200 meteran untuk sampai ke daratan, cakep banget tapi aku ga ada fotonya soalnya sibuk gandengin Namira biar dia engga jatuh. Dia heboh bange soalnya di airnya banyak bintang laut juga.

Setelah menembus pepohonan bakau, kirain udah sampe dong ke komplek resortnya, eh ternyata kami masih harus ngelewatin jalan setapak berpasir gitu, kayaknya ada deh 500 meteran gitu jalannya. Cakep deh, kanan kiri pohon. Tapi emang lah Indonesia negara tropis ya, mau udah banyak pohon tetep aja gerah kalo jalan jauh, untung Namira engga minta gendong:

Setelah sampai ke komplek resort, ternyata ada gift shop, karena emang belum beli apa-apa akhirnya kami mampir buat beli kaos & oleh-oleh lain buat orang rumah. Abis kelar belanja belanji kami lanjut ke sisi lain pulau.

Di sini sebenernya kita bisa main kayak, tapi sayang karena airnya lagi surut pagi kami engga bisa main, tapi gapapa juga sih, karena masih bisa leyeh-leyeh santai di pinggir pantai. Namira juga kayaknya udah puas kemarin main pantai, dia malah lebih suka muter-muter di hutan.

Sama ada disediain sepeda juga buat sarana kita muterin pulau, tapi kan ga mungkin juga kalo aku sepedaan sendirian meninggalkan anak istri.

Bercengkerama

Puas main disini kami balik ke area resort buat makan siang. Kaki udah lumayan pegel & perut keroncongan, untung engga semaput. Tempat makannya konsepnya  semi outdoor gitu, terus ada stage buat yang mau karaoke.

Nampaknya Mail menyadari ada mesin karaoke & langsung nyanyi, padahal mah yang lain makan dulu.

Sesi makan agak terburu-buru karena harus balik ke darat jam 2 siang. Tapi makanan disini adalah salah satu makanan terenak yang pernah kumakan di Belitung, suwer! Kalo biasanya kan di restoran yang menunya banyak ada aja 1 menu yang zonk, tapi disini enggak, semua menu yang disajiin enak semua.

Pulau Leebong ini juga cocok buat dikunjungi keluarga yang punya anak kecil, layout resortnya bagus, jarak antar bangunannya lengang jadinya Namira bisa puas lari-larian di pasir tanpa takut nabrak.

Namira dapet temen baru

Jam 2 kami kembali naik perahu untuk balik ke Pegantungan buat ngejar flight jam 15:40. Untung ini Belitung ya, jadi jalanan tidak macet haha, terus Pak Edi mah jago bet jago nyetirnya, kayaknya cuma setengah jam aja deh beliau nyetirnya dari pelabuhan sampai bandara.

Sesampainya di bandara rupanya oleh-oleh yang udah kami pesen sebelumnya udah sampai & tinggal angkut.

Abis pamitan sama Pak Edi kami langsung check-in & tidak lupa Namira menghabiskan waktu di Kids Zone bandara. Asli dia hepi banget, karena blas selama pandemi kami takut mau ke tempat keramaian, makanya dia baru sekali ini ngerasain main di area bermain.

Gapapa kami biarin dia main sampai puas, dengan harapan pas di pesawat dia cape terus tidur. Tapi boro-boro dia cape yang ada selama flight dia mood nya bagus & alhasil dia malah nyanyi-nyanyi engga tidur sama sekali.

Di pesawat sambil menikmati pemandangan Pulau Belitung tiba-tiba liat ada sawah di kejauhan, apakah ini kampung transmigran Jawa yang diceritain Pak Edi?

Sejujurnya biar puas muter-muter Belitung harus lebih dari 3 hari sih, minimal seminggu lah, soalnya belum mampir ke Danau Kaolin, Gunung Tajam & Pantai-pantai lainnya. Pingin juga treking di hutan Belitung buat nyari tarsius.

Selain itu yang bikin ga rela balik adalah nanti begitu balik Tangerang udah kerja lagi huehue.

"Yahh liburannya udahan.."

Tapi aku mah puas banget udah diajak main ke Belitung, bahkan selama 3 hari disana Namira udah ngerasain 3 moda transportasi darat, laut & udara. Keren banget Namira, bapaknya aja naik kapal pas udah SD.

Berkesan banget trip kami ke Belitung, tempatnya cantik, udaranya bersih, makanannya enak, orang-orangnya ramah-ramah, bahkan pas sebelum aku nulis artikel ini aku nonton Laskar Pelangi dulu di Netflix, bener-bener rasanya gabisa move on asli deh.

Kalo ada kesempatan & duitnya aku mau banget balik ke Belitung, sekalian ngajak keluarga besar, soalnya Belitung beneran bikin nagih banget. Rasanya jalan-jalan ke Belitung kayak membangkitkan jiwa traveler-ku yang selama ini terkunci dibalik rutinitas kerja, FYI aku anak rumahan banget, jarang banget pergi-pergi yang sengaja diniatin buat liburan, paling banter mudik ke Salatiga aja haha..

Oke deh Readers, itu dia pengalaman kami liburan ke Belitung yang sangat nyenengin! Semoga dengan baca tulisan ini kalian semua bakal makin pingin berlibur kesini.