Aku dan Nemenin Istri Lahiran


Hai Readers, baru-baru ini melewati salah satu milestone yang penting dalam kehidupan, aku sekarang udah jadi seorang bapak dari anak perempuan tercantik sedunia akherat: Namira Leia Pradana. Ini dia pengalamanku nemenin istri lahiran.



Jadi 1 bulan sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir), istri aku pulangin ke Ambarawa, biar ayem disana dijagain mertua kan, terus aku seminggu sekali pulang ke Ambarawa nengokin istri sekalian jaga-jaga, kali-kali weekend lahiran.

Nah, pas itu hari sabtu 18 Mei 2019, aku pulang ke Ambarawa naik kereta Menoreh yang berangkat jumat malem sampai stasiun Tawang Semarang jam 4 pagi. Terus aku naik bus Trans pertama yang ke arah terminal Bawen, Ambarawa. Jadi aku sampai Ambarawa kurang lebih jam 7 pagi lah.


Abis sarapan aku rencana mau tidur soalnya masih cape sisa semalem, tapi ada revisi kerjaan yang mendadak jadinya aku engga tidur lagi tuh, baru beres jam 10an terus aku baru tidur tuh asli ngantuk banget. Baru juga merem kayak setengah jam tiba-tiba istri bangunin sambil bilang, "A' ini pipis ada darahnya."


Wadaw, langsung itu kayak di setrum rasanya, langsung enggak ngantuk. Takut aja tiba-tiba si dedek keluar. Pas di cek di kamar mandi emang ada darahnya gitu dikit, karena deket rumah mertua ada bidan langsung deh kita kesana, pas sampe disana diperiksa terus kata bidannya ini udah bukaan 1.



Ini pas di bidan

Nah panik dong aku tu, jadinya langsung kita bawa istri ke rumah sakit tempat istri kontrol: Mutiara Bunda Salatiga

masih santai


masih bisa tersenyum

Sampe di Rumas sakit kurang lebih jam 1 siang. Terus langsung aku anter ke UGD, nah pas disana istri langsung disuruh masuk sama susternya, aku disuruh nunggu. Terus kutunggu 5 menit, 10 menit, 20 menit lha kok ga ada kabar, akhirnya aku mengendap-endap masuk ke ruang UGD. Wadaw(2),pas kutengok ternyata udah di selang-selangin gitu. 

Mana ga pake bilang lagi susternya. Main di selang-selangin langsung.

Ternyata udah di selang-selangin



Di ruang UGD sampe jam 3a-n gitu sekalian nunggu kamar kosong. Pas itu dibilang sama suster kalo kamarnya penuh semua, adanya tinggal VVIP. Yaudah daripada istri terbengkalai di UGD akhirnya kita pilih yang VVIP.


laper


mulai mules



Jadi karena baru bukaan 1, kita disuruh di kamar dulu, nanti jam 9 di cek sama suster, kalo bukaannya nambah atau kalo ketubannya pecah bakal pindah ke kamar operasi. Di posisi ini perut istri udah mulai mules-mules. Terus karena mules istri ga nafsu makan katanya, jadi yaudah daripada mubazir aku yang makan.



mayan enak

Jam 7 an, Ibuk dateng nengok, Ibuk ini sebenernya nenekku sih tapi dari kecil manggilnya Ibuk, si Ibuk lantas ngedoain istri biar lancar.



di doain biar lulus UAN lancar

Kurang lebih jam 9 an kita disamperin suster gitu, mau di cek apakah bukaannya nambah, pas selesai di cek ternyata belum nambah juga bukaannya. Yaudah istri disuruh jalan-jalan, jongkok, nungging, pokoknya macem-macem deh, tujuannya ya biar segera bukaan berikutnya. Suaminya ngapain? Aku mah ngeliatin aja sambil tidur-tiduran, abisnya mata ngantuk sis.


Beberapa saat kemudian, kalo ga salah mau jam 12, tiba-tiba istri bilang, "A' ini ketubannya udah pecah barusan berasa."


Wadaw(3), ilang ngantuknya sodara-sodara. Aku langsung cus ke suster dong tergopoh-gopoh. Pas di ruang suster aku bilang kalo ketuban istri pecah. Suster langsung nyiapin kursi roda buat istri. Eh pas nengok belakang, ternyata istri ada di belakangku, ga tahan katanya nungguin soalnya udah mules banget, jadinya doi jalan dari kamar ke UGD. Hardcore emang istriku.


Jadi yang nemenin istri lahiran cuma aku doang, papa mamaku masih di jakarta, papa mama istri juga di luar kota.



udah mulai mules banget

Jam 12 masih bukaan 3, tapi kata istri sakitnya udah banget.


Jam 1 masih awet bukaan 3, jam 2 masih juga bukaan 3, istri udah mulai mencakar tangan & perut. Bukaannya sampe bukaan 10 jendral!


pas lagi di cek

Jam 2 lebih istri udah makin kesakitan, beberapa kali nyuruh suster buat ngecek udah bukaan berapa. Terus napasnya juga udah susah. Interval mulesnya 5 menit sekali gitu. Sampe akhirnya jam 3:27 pas di cek lagi, istri udah bukaan 3 longgar.



pas bukaan 3 makin mules

Disangkain dari bukaan 3 ke selanjutnya bakal cepet kan, tapi ternyata engga, di cek setengah jam sekali masih juga bukaan 3, sakitnya makin sering. Dititik ini istri ga kuat, dia bilang mau di operasi aja, di sesar. 

Wadaw (4), makin ga tega dong hati ini. Yaudah aku ke suster buat nyuruh doi siapin operasi, eh, malah susternya nyamperin terus bilang ke istri kalo kudu sabar, ini yang berjuang bukan cuma ibunya, tapi dedeknya juga berjuang mau keluar. Akhirnya yaudah gajadi minta operasi.

ini pas istri mencakari 6 packs ku

Jam 3 an di cek lagi dong, alhamdulillah udah bukaan 6. Berarti bentar lagi kan harusnya. Eh, tapi sampe jam 4 belum juga bukaan 6, suster udah bolak-balik ngecek bukaan, udah di kobel berkali-kali tapi tetep aja masih bukaan 6. Oiya pas itu aku ijin istri mau saur tapi katanya gaboleh, suruh nemenin aja. Alhamdulillah..

Akhirnya istri dikasih obat buat bantu kontraksi. 

Terus obatnya manjur dong, jam 5an gitu udah bukaan 10, langsung manggil dokter buat tindakan. Ga lama dokter dateng, dia udah pake sarung tangan sama semacem celemek plastik gitu. Suster nyiapin lampu buat nyenterin selangkangan istri. Terus ada suster 1 lagi masuk, dia jadi asisten dokter. Posisinya suster 1 megangin kaki kiri istri, aku megangin kaki kanannya, dokternya ngasih aba-aba ngeden. Disitu istri udah kesakitan banget, teriak-teriak, nangis. Aku juga nangis liatnya, kalo bisa dipindah biar aku yang sakit pindahin aja deh gapapa.


Ngeden pertama: "Belum bener, jangan bersuara ngedennya, kalo masih bersuara berarti salah!"

Ngeden kedua: "Dikit lagi, ayo liat aja susternya."
Ngeden ketiga: "Iya ayo dikit lagi bu, udah keliatan kepalanya."
Ngeden ke empat: *cepluk*

Keluar dong si dedek, langsung utuh-utuh. Pas keluar biru gitu dedek warnanya, mana engga nangis lagi. 


Wadaw(5) kenapa nih si dedek ga nangis, terus dokter nyuruh suster ambilin selang kecil gitu, sama dokternya selang dimasukin ke mulut dedek. Rupanya dia keselek air ketuban dong, abis air nya keluar baru di nangis kejer. Terus ga lama dedek di taro di atas istri buat inisiasi, jadi semacem buat ngajarin dedek nyari tete.



inisiasi pertama dedek Namira

Abis kelar inisiasi dedek langsung ditempelin sticker gitu di dadanya, tulisannya "Bayi Ny. Ellena". Dedek terus dibawa suster buat dibersihin & disuntik vaksin.



sebelum dia nangis kejer gara-gara disuntik

Disitu dedek ditimbang & diukur, beratnya 3,1 kilogram & panjangnya 48 senti. Anaknya sehat, ga ada kelainan apapun.


Alhamdulillah, hari itu, 19 Mei 2019. Akhirnya aku jadi bapak.



Bersama Mama Namira

Buat yang mau lait foto-foto dedek ada di instagram ku ya: @HIPradana

Komentar

Postingan populer dari blog ini