Aku dan Cerita Bapak #1


Dulu waktu aku TK kira-kira 20 tahun yang lalu, aku tinggal di rumah Kakek & Nenek di Salatiga. Tapi "Kakek" & "Nenek" ku ini kupanggil nya "Bapak" & "Ibu", karena kebawa kebiasaan Mama Papa yang manggil mereka Bapak/Ibu. Bapak punya banyak cerita tentang masa mudanya, bagus-bagus lagi. Aku gamau cerita dari Bapak ini selesai di aku, maunya cerita Bapak banyak yang baca, makanya aku bakal tulisin cerita dari Bapak di blog ini.

Bapak ini pensiunan kepala sekolah, beliau salah satu guru pertama di kampungnya. Bahkan orang-orang di Salatiga manggil Bapak itu "Mbah Guru", saking ngetopnya beliau sebagai guru. Sepanjang yang aku inget, tiap hari ada aja tamu yang dateng bawain makanan, buah-buahan, dll. Di rumah Bapak ini ada 1 lemari isinya full makanan yang dibawain sama tamu-tamu beliau.

Taun 2012 kemarin Bapak meninggal, beliau kena kanker paru-paru, padahal ga pernah ngerokok sebatang pun. Kata dokter karena sering naik motor gapake jaket, emang sih Bapak itu sering banget bepergian jarak jauh pake motor, kalo pengajian bisa 30km bolak-balik kali & pengajian biasa tiap hari, kadang malah sampe malem.

Ada 1 cerita beliau yang nempel banget, ini cerita taun 1950 an pas Bapak lagi pendidikan mau jadi guru. Semua calon guru tinggal di asrama & mereka pulang sebulan sekali. Nah temen sekamar Bapak ada yang anak dari juragan kerupuk, tiap kali dia abis pulang atau abis dijenguk orang tua, pasti dia dikasih sekarung besar kerupuk. Si temen bapak ini kebetulan pelit, dia engga pernah bagi-bagi kerupuk dia yang sekarung besar itu.

Bapak yang kesel pada suatu hari mau ngasih pelajaran ke temennya, beliau naik ke atas lemari & nungguin temennya masuk kamar. Pas temennya masuk kamar, beliau loncat dong dari lemari, dia tiban tuh kerupuk sekarung sampe ancur. Konon katanya, sejak saat itu temennya ga pernah pelit lagi.

Bapak aslinya dari Jepara, sedangkan Ibu asalnya dari desa kecil di pinggiran Salatiga, desa Petet namanya. Pas lagi PDKT sama Ibu, Bapak bela-belain sepedaan dong dari Jepara ke Petet, katanya beliau sepedaan sehari semalem baru sampe. Perjuangan banget deh.

Bapak juga sayang banget sama Papa, pas Papa masuk SD pasti tiap pulang sekolah digendong sama Bapak. Begitu jam pulang sekolah Papa langsung jongkok gamau jalan sendiri, nunggu digendong Bapak. Padahal jarak sekolah ke rumah tu jauh, naik turun bukit lagi tapi Bapak selalu gendong Papa tiap hari.

Miss You Bapak.

Komentar

  1. Kok gue ngakak bagian kerupuknya ditiban dari atas lemari XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman dulu selow sih, coba sekarang, bisa kena pasal kali

      Hapus

Posting Komentar

Leave your comment chikas!

Postingan populer dari blog ini