Aku dan Stasiun Radio Siluman


Yo, Readers! Selamat lebaran yak, Minal Aidzin Wal Faidzin. Kalo ada salah-salah maapin yak. Kali ini aku mau share cerita yang bisa dibilang luar biasa, aneh malah.. Jadi gini.

Gue adalah orang yang sangat logis, mau apapun kejadiannya, seaneh apapun, pasti bakal kucari alasan logisnya. Tapi itu semua berubah 2 tahun lalu..

Jadi tahun 2015, aku pulang ke Salatiga. Alesannya cuma 1, Eyang minta jalan-jalan ke Madura, mau liat Suramadu katanya. Btw beliau ini pensiunan guru, kalo di Salatiga dia dipanggil "Mbah Guru". 

Jadilah aku, Papa, Mama pergi ke Salatiga buat jemput Eyang. Dari Jakarta kita bawa mobil gitu, bisa ditebak, aku yang nyetir dari Jakarta ke Salatiga.

Jadi rutenya dari Salatiga, ke Malang, terus ke Madura. Kira-kira jam 8 pagi kami berangkat menuju Malang. Perjalanan ke Malang kira 9 jam kalo lancar. 

Pas sampe Boyolali, Eyang nyuruh buat ganti siaran radio, bosen katanya lagu itu-itu aja. Sebagai supir + operator radio yaudah dong aku ganti siarannya, aku ganti beberapa kali sampe akirnya nemu siaran musik jawa, lagunya gamelan gitu sama ada sindennya nyanyi, cocok deh di kuping Eyang pokoknya, suaranya juga bening.

Aku sering banget setir antar kota, apalagi kalo mudik, radio-radio FM itu, paling banter cuma bertahan 2 kota sebelum gelombangnya ilang. Tapi stasiun radio ini aneh, kita udah jalan sekitar 4 jam & udah hampir Madiun, which is itu udah jauh banget dari Boyolali, tapi ini radio suaranya masih bening aja.

Masuk ke Nganjuk ini radio masih aja awet, ga ilang-ilang. Aku sama si Papa udah liat-liatan, kita takjub sama radio ini, berapa banyak pemancarnya? Bisa-bisanya suaranya masih bening dari Boyolali sampai Nganjuk. Akhirnya kita berhenti dengerin radio ini pas udah sampe Malang. Radio itu non stop 10 jam dari Boyolali sampe Malang masih ada, bahkan radio itu ga ada iklannya sekalipun.

Besokannya kami jalan ke Madura, mampir ke Surabaya & Batu. Sampe tiba saatnya buat kami pulang, biar Eyang betah di perjalanan Papa mutusin buat mau dengerin radio gamelan tempo hari, tapi radio itu ga ketemu.

Udah digonta-ganti gelombang, tetep ga ketemu, ada kali 30 menit buat nyari tu radio, bahkan si Papa kekeuh nyari radio itu tiap kali kami ngelewatin satu kota, sampe Salatiga sekalipun hasilnya tetep nihil. Kami sepakat kalo kejadian ini termasuk kejadian aneh.

Mudik tahun ini pun, aku & Papa tetep iseng muter-muter radio, siapa tau ketemu radio misterius itu. Bahkan kami punya julukan buat stasiun radio ini, Radio Siluman.

Follow My Socmed: @HIPradana

Komentar

Postingan populer dari blog ini