Jogja, Film, and Sputnik

Hai semua~

Mungkin banyak yang nggak tau, tapi tanggal 1-5 Desember kemarin gue sama Gian pergi ke Jogja karena film pendek kami masuk ke JAFF. Itu festival buat film-film pendek se-Asia.

FIlm gue judulnya Hombreng. Walaupun nggak masuk ke kompetisi, tapi lumayanlah. Holiday in the middle of Workday... Pengalamannya itu lho, lebih banyak dari kehidupan selama 4 semester.

01-12-2012

Okay langsung aja, jadi gue sama Gian berangkat dari Stasiun Senen jam 7. Kita nyampe ke stasiunnya jam 6 pagi tapinya, kepagian banget, peronnya aja belom buka.


Stasiun masih sepi.

Si Gian sebelum naik kereta.

Kami naik kereta Fajar Utama yang nggak ada AC nya. Untung kita pejantan tangguh, panas dikit tak apa lah. Dari awal perjalanan si baginda Giandra Raka Adrian udah molor. Karena tak ada pekerjaan lain dan batre hape tipis, gue memutuskan untuk ngebaca novel. Judulnya Sputnik Sweatheart karyanya Haruki Murakami. 

Novelnya bahasa inggris, bagus banget, tentang kehidupan seorang lesbian, Sumire,  yang jatuh cinta sama istri orang yang lebih tua 17 tahun dari dia, Miu, diceritain dari sudut pandang temen baiknya si Sumire yang namanya K.

Dari novel itu gue baru tau kalo Sputnik itu artinya traveling companion, dalam kasus ini berarti si Gian adalah Sputnik gue ya..


Penampakan novelnya.

Quote yang gue catet karena bagus.

Jam 10 kurang, si Gian bangun karena kehausan, dia beli Sprite yang harganya 8000, padahal harga aslinya cuma 3950. Karena merasa ketipu, dia langsung ngebuka snack gue, diabisin, terus doi tidur lagi.


Sprite termahal

Tersangka pemakan cemilan.

Yang menarik, semakin jauh dari Jakarta sawah yang ada semakin kering, apa di luar Jakarta belom musim hujan ya?

Di suatu tempat entah dimana, Gue dan Gian yang kelaparan beli pecel dari mbak-mbak yang jualan waktu kereta brenti. Lagi asik-asik mau mesen, eh si embak malah ngebentak kita biar cepetan ngambil duit dari dompet karena kereta dah mau jalan. Sumpe, baru kali itu gue dimarahin sama penjual yang dagangannya gue beli.

Sesampainya di Jogja, gue dan Gian segera nelpon si Ellen, pacarnya si Dony demi mencapai tempat menginap. 


Jogja di sore hari.

Kami ketipu taksi yang harganya 70ribu dari stasiun ke lokasi, sompret. 

Tapi akhirnya kami sampai di Wima Unires Putra, dormitorinya UMY, tempat kuliah si Ellen, tempat kami bersarang selama 5 hari ke depan. 

Tempatnya enak, kasurnya 2, ada tv, kamar mandi dalem, AC, tempat jemur baju, lemari, dan fitur terpentingnya, pintu WC nya ada 2, satu nyambung ke kamar satu nyambung ke teras....

Pintu kamar

Kamar yang dengan segera kami berantakin.

Actually, rencana awal adalah ikut acara pembukaan festival jam 5 sore, tapi karena capek, gue dan sputnik gue memutuskan untuk mangkir. Jadilah malam harinya kami cuma nonton bola Indonesia vs Malaysia dan makan malem di rumah makan terdekat. Terharu gue baca harga di menu. 


"Kupluk gue baru lho." kata si Gian.

Suasana makan yang penuh keakraban dengan hape masing-masing.

02-12-2012

Paginya, kami pergi ke Gedung Societet, di Taman Budaya, itu tempat dimana festival digelar (karpet kali ye digelar). Film gue diputer di kompilasi 1, bareng beberapa film lainnya. Abis film-film kelar diputer, directornya kan disuruh maju tuh, yaudah gue maju deh. Lumayan, film gue yang ngerti isinya dikit doang....


Gue, Dana (anak IKJ), bapak entah siapa lupa namanya, dan Mas Anggi.

Pertama kalinya film gue dipuji sama Mas Anggi, dosen gue sekaligus salah satu founder dari JAFF ini, Biasanya film gue dihina dina.


Nunjuk pilem sendiri.

Ahh, so many to learn, so little time. What a shame.

Ruangannya bagus lho, kayak film-film gangster taun 30an, tapi pengap n panas banget kalo siang. 


Teater pemutaran film.

Malemnya ada scouting tim XXI short film festival, akhirnya gue dan Sputnik gue memutuskan buat ngemasukin si Hombreng lagi. Siapa tau kepilih lagi. Siapa tau...

03-12-2012

Next day, kami pergi ke Empire XXI, di sana diputer film nya Mas Anggi, yang judulnya Vakansi Yang Janggal dan Penyakit Lainnya. Filmnya bagus banget, my kind of movie.


Gian, Mas Anggi, dan Si Ganteng.

Ah, hari itu si Monic dateng lho, my inspiration...


Gue dan Monic. Isn't she cute?

Astrid, Monic dan Gue.

Siangnya, gue, sputnik gue, Monic dan Astrid balik ke Societet buat nonton film lain, ada August Drizzle dari Srilangka dan Cartad de la Soledad dari Filipina. Kami dibuat ngantuk dengan sukses, karena pace filmnya lambat setengah mati.

Di tengah-tengah pemutaran, kami yang nggak kuat cabut sebelum filmnya selese dan duduk-duduk di bawah beringin. Sementara kami indehoy bareng pohon, si Gian yang berlagak jadi fotografer kawakan mule foto-foto nggak jelas. Nih beberapa fotonya.





Not bad, Gian, not bad...

Malem harinya, kami berempat makan thai food di pelosok Jogja, yang bahkan angkutan aja nggak ada yang lewat. Iya, kita jauh-jauh ke Jogja buat makan thai food.

Gue, Jaja, Astrid n Monic.

Kami berempat ditemenin sama si Jaja, kakaknya si Feny dan temen SMA nya si Astrid.

Jam 9 malem kami berempat (si Jaja nggak ikut) akhirnya ikut ke rumahnya Mas Garin Nugroho buat gathering. Di sana kami berbincang dengan orang-orang jago di bidangnya, lumayan banget, belajar banyak dari para senior.

04-12-2012

Hari berikutnya lagi adalah hari dimana  kompilasi 2 diputer. Di kompilasi 2 ini ada filmnya si Monic yang juga masuk ke JAFF, judulnya How To Make A Perfect Xmas Eve (HTMPXE). Well, great as usual. 

Si Monic ini adalah orang yang selalu ngingetin gue buat berpijak ke tanah tiap pala gue udah makin gede. Bisa dibilang doi adalah tolak ukur skill gue. Somehow, suatu saat gue pengen ada di tingkat yang sama kayak dia. 

Dia adalah sputnik gue dalam hal bikin film.

Di hari itu, si Jaja ikut kita ke festival. Begitu kelar kompilasi 2, kami duduk-duduk dulu di bawah pohon rindang. Eh, Bu Ina minta foto, yaudah kita putu-putu lucu deh.

Bu Ina ini adalah adek kelas bokap gue pas kuliah S1 di Satya Wacana. Sekarang si Ibuk adalah dosen gue, dan dia adalah dosen yang selalu nyuruh mahasiswa-mahasiswanya untuk maju terus ke depan, apapun yang terjadi. Beliau adalah dosen kesayangan anak-anak sinema UMN.


Astrid, Jaja, Gue dan Bu Ina.

'Melacur' bareng si Monic.

Kelar melacur.

Kami akhirnya makan di pelosok Jogja, deket sama suatu kampus yang gue lupa namanya. rekomendasi dari si Jaja. Jadi ada tempat makan enak namanya Warung Ayam Geprek Bu Rum. Jadi itu sejenis Fried Chicken ala KFC yang diulek bareng sama sambel trus dikasih nasi. Nikmat luar biasa.

Tersangka penyebab mules keesokan hari.

Jam 7 malem kita balik ke Societet, kami nonton Parts of the Heart, filmnya Paul Agusta. Film yang sukses bikin gue terenyuh sekaligus happy, entah mengapa. Malam itu ditutup dengan sempurna.

05-12-2012

Last day of JAFF, semua kroni-kroni dari Jakarta dah pada cabut. Yang ada di Jogja tinggal Gue, sputnik, Monic n Astrid.

Seperti hari-hari kemaren, gue dan Gian menjalani ritual Shower-Taxi-Film-Breakfast kami. Hari itu kami sarapan bareng Monic n Astrid. Di seberang hotel mereka, namanya Warung Sate Djono, yang alhamdulillah satenya alot luar binasa.

Astrid n Gian milih sate.

Sorean dikit, kami nonton kompilasi film fantasi dari Korsel, Judulnya Short Fantasy Korea. Isinya 7 film keren yang sukses membuat kami berempat nempel di kursi selama 2 jam. Amazing banget film-filmnya. Nggak semua, tapi sebagian besar.

Nunggu Closing.

Malem itu sekaligus closing ceremony JAFF, ditutup dengan film Bunohan asal Malaysia yang nyabet Golden Hanoman Award. 

Mas Garin nutup JAFF dengan speech.

Mendengarkan dengan takzim.

Setelah closing, kami makan dulu, Monic Astrid beli babi guling sementara Gue dan Gian beli gudeg. Malam itu ditutup dengan makan bareng di kamar Astrid n Monic. Nggak inget kalo besok pulang pagi dan kami belum packing.

Orang-orang kelaparan.

Kamar para pria yang semakin berantakan.

Btw, malem itu Jaja nggak ikut kami karena dia di opname. Jangan-jangan gara-gara ngebeliin tiket buat Gue sama Gian? Atau gara-gara nemenin kami? Sorry ya Ja!

06-12-2012

Kami pulang. Gue sama Gian naik kereta Bogowonto, iya, ekonomi, tapi yang sekarang ber-AC. Sementara Monic dan Astrid naik eksekutif. Nih ada beberapa regalia peninggalan dari Jogja.

Potongan tiket.

Si Gian sok ganteng.

Stasiun Tugu.

Last photo in Jogja.

Sumpah gue betah banget di Jogja. Festivalnya bener-bener pengalaman sekali seumur hidup, dan gue pengen ke sana lagi taun depan. Doain gue yak. Doain biar dapet jodoh lebih bagus lagi. Hahahaha. Becanda, gue masih mau sendiri.

That's it guys. I'll see you sometime soon! And sorry for the long hiatus.

Oh, ini ada bonus:

Tanggal 8 kemaren gue ngisi seminar di Penabur Bintaro.

milkysmile
"Si Tomy agak capek, kebanyakan kelayapan."

Komentar

  1. foto terakhir nyambung banget..., btw foto pertama yang ada muka gua, setelah gua liat-liat lagi, mirip Alistair Overeem( MMA Fighter)

    BalasHapus
  2. quote bagus dari tomi "Doain biar dapet jodoh lebih bagus lagi. Hahahaha. Becanda, gue masih mau sendiri." mau gw aminin tom? hahahaa :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Leave your comment chikas!

Postingan populer dari blog ini